Jenis Pekerjaan untuk Penulis

11/15/2016 02:33:00 AM Unknown 0 Comments

Jenis Pekerjaan untuk Penulis - Manenulis merupakan suatu kegiatan mencurahkan segala pikiran terhadap suatu media. Dizaman sekarang menulis tidak hanya harus ada buku dan pulpen, tapi dengan laptop, komputer bahkan handphone sekalipun bisa. Jika kamu suka menulis yuk terus pantengin artikel jenis pekerjaan untuk penulis ini siapa tau nantinya kamu jadi penulis profesional.

Saat ini sudah banyak orang yang mulai menyukai profesi sebagai penulis. Karena selain menulis adalah sebuah hobi, juga bisa menjadi ladang rezeki dari kemampuan yang dimilikinya tersebut. Selain itu profesi sebagai penulis bisa menjadi pekerjaan utama atau menjadi sampingan di sela-sela menjalani rutinitas pekerjaan utama. Ada kesalah-pahaman bahwa profesi menulis itu terpaku pada menulis buku atau novel saja. Istilahnya orang baru dianggap sebagai penulis, ketika dia sudah memiliki karya tulis berupa cetak (buku atau novel).

Pada postingan ini saya akan mengulas bidang pekerjaan yang bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan bagi penulis. Untuk itu penjelasan kali ini saya fokuskan bagi mereka yang memilih menjadi "Penulis Profesional", yaitu seseorang yang menjadikan kemampuan menulisnya sebagai profesi yang bisa mendatangkan penghasilan buat dirinya. Jadi saya tidak akan membahas seseorang yang menulis di blog/web, tapi sumber penghasilannya didapat dari publisher iklan yang ada di blog/web-nya.

Berikut ini pekerjaan yang bisa mendatangkan rezeki bagi penulis:

  • Menulis Buku
    Bagi yang menguasai ilmu atau memiliki hobi tertentu, bisa menuliskan apa yang dikuasainya tersebut menjadi sebuah buku. Buku tersebut bisa berisi tentang tutorial, panduan, tips dan trik, tekhnologi, pengetahuan, kuliner, wisata dan sebagainya. Jadi kemampuan yang kita miliki dan kuasai bila ditulis menjadi buku, akan menjadi sumber penghasilan bagi kita.

  • Menulis Cerpen atau Novel
    Bagi yang memiliki banyak ide cerita, puisi atau menulis kisah dalam rangkaian kata, juga bisa mendatangkan rezeki jika kita mampu menorehkannya dalam cerpen maupun novel. Kita bisa mengirimkan karya cerpen ke surat kabar, rubrik, buletin atau majalah yang biasa memuat cerpen. Jika karya kita dimuat, maka kita akan mendapatkan fee. Untuk novel kita bisa kirimkan ke pihak penerbit atau bisa kita cetak sendiri.

  • Pengisi Konten Web
    Sebagian web yang bersifat komersial juga memanfaatkan jasa penulis untuk mengisi konten di web-nya. Ini bertujuan untuk membuat artikel yang selalu update dan berisi bermacam kategori yang ditulis oleh penulis yang ahli dibidangnya masing-masing. Pekerjaan ini juga bisa menjadi alternatif pilihan bagi para penulis untuk memperoleh penghasilan.

  • Jasa Menulis Skripsi atau Essay
    Bagi sebagian orang merasa kesulitan dalam menulis skripsi atau essay. Meski bahan dan materi sudah ada, namun untuk merangkai tulisan terasa sulit. Maka dari itu mereka biasanya memanfaatkan jasa penulis untuk membuatkan skripsinya sesuai dengan bahan materi yang sudah ada. Ini juga bisa menjadi sarana untuk mendapatkan penghasilan, apalagi jika penulis tersebut paham tentang Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) dan bisa mengetik dengan cepat.

  • Jurnalis atau Kolumnis Lepas
    Beberapa perusahaan surat kabar, buletin, majalah dan radio juga membutuhkan penulis untuk membuat artikel informasi, tips, resep masakan, kesehatan, olahraga dan sebagainya. Hal ini agar supaya konten yang disajikan lebih berbobot dan lebih beragam, yang tentunya ada standar tersendiri yang ditentukan oleh perusahaan tersebut. Ini juga bisa dijadikan ladang bagi penulis untuk mengais rezeki.

  • Ghost Writter (Penulis Hantu/Bayangan)
    Sebutan "Ghost Writter" biasa ditujukan untuk para penulis lepas yang tidak pernah menampilkan namanya sendiri di setiap karyanya. Karena biasanya karya tersebut sudah dibeli oleh seseorang, perusahaan atau institusi tertentu yang bertujuan untuk mendongkrak popularitasnya. Sesuai dengan julukannya, maka penulis yang memilih jalur ini tidak akan dikenal publik, tapi belum tentu penghasilan yang didapatkan lebih sedikit dibandingkan penulis yang mencantumkan namanya.

  • Penulis Ide Cerita
    Pihak perfilm-an atau Production House (PH) dalam membuat film drama, FTV dan sinetron diharuskan menyajikan cerita yang berbeda setiap harinya. Karena penonton akan menjadi jenuh jika jalan cerita film yang ditontonnya selalu sama. Karena itu perusahaan film atau PH selalu mencari penulis yang mampu memberikan ide cerita untuk film atau sinetron yang akan mereka buat. Dan tentunya ide cerita yang diterima, akan mendapatkan fee sesuai kesepakatan.

  • Penulis Skenario
    Jika yang diatas tadi adalah penulis ide cerita, maka yang ini adalah penulis skenarionya. Film tidak akan pernah jadi film jika tidak ada gerakan, percakapan dan settingnya. Karena itu dibutuhkan seorang penulis skenario yang bertugas menjabarkan ide cerita menjadi seperti film atau sinetron yang pernah kita lihat. Dan kesibukan penulis skenario akan semakin bertambah, jika film atau sinetronnya mendapat rating tinggi dan harus kejar tayang.

Mungkin segini dulu bidang pekerjaan yang bisa saya sajikan buat sobat penulis (atau yang ber-keinginan menjadi penulis) untuk bisa menghasilkan uang. Dan perlu diketahui bahwasanya bidang pekerjaan yang telah saya uraikan diatas bisa dilakukan secara "freelance", artinya seorang penulis tidak perlu terikat dan datang ke kantor setiap hari. Jadi pekerjaan tersebut bisa kita lakukan dirumah tanpa harus meninggalkan keluarga kita.

Untuk ke-depannya (jika kesibukan di dunia nyata tidak padat)... saya akan menjabarkan lebih detail tiap-tiap bidang diatas berikut seluk-beluknya. Tentunya ini berdasar pengalaman saya bersama istri dan juga informasi yang saya ketahui. Profesi apapun (termasuk menulis) bila kita kerjakan dengan serius, hati yang ikhlas, ide yang kreatif dan tentunya bertujuan untuk ibadah karena Allah, maka profesi itu akan bisa menjadi sumber rezeki dan mendatangkan manfaat khususnya untuk kita sendiri.
Sekian dulu artikel tentang penulis semoga bermanfaat ^_^.

You Might Also Like

0 comments: