Cara Membuat Daftar Isi Otomatis

12/23/2016 04:33:00 AM Unknown 0 Comments

Membuat Daftar Isi Otomatis - Untuk setiap karya ilmiah seperti makalah, skripsi dll pasti akan selalu ada daftar isi. Selain tugas sekolah tugas kantor pun pasti seperti proposal pasti membutuhkan daftar isi supaya mengetahui tata letak halaman dengan mudah. Jika biasanya membuat daftar isi dilakukan secara manual dengan mengetik satu persatu manual kemudian memberi titik-titik itu pun harus bulak balik buka tugasnya untuk melihat halamannya. nah itu semua ribet ada yang gampang tinggal mengerjakan kemudian otomatis muncul daftar isinya, kalo ada yang mudah ngapain cari yang lain hehe. Ini cara membuat daftar isi otomatis

Cara membuat daftar isi otomatis

  • Baiklah, yang pertama harus kita lakukan (setelah membaca basmallah) yaitu membuka Microsoft Word (Saya harap para pembaca sudah mengerti cara membuka software ini. Kalau belum, bisa komentar di bawah, mungkin bisa jadi referensi bagi saya dalam penulisan artikel berikutnya).
  • Setelah kita membuka dokumen baru di word, maka kita akan melihat kertas kosong. Coba isi dengan judul-demi judul.
  • Yang perlu diperhatikan adalah penggunaan format penulisan Heading 1 dan Heading 2 pada judul dan subjudul yang ingin dijadikan tertera dalam daftar isi.

  • Maka kita harus mengklik Heading 1 untuk judul, dan Heading 2 untuk subjudul tulisan kita.
  • Satu hal lagi sebelum kita melanjutkan penulisan, untuk membuat daftar isi otomatis ini, kita mesti memasukkan page number dulu ke dokumen lembar kerja. Caranya klik Insert => Page Number, format sesuai kebutuhan.
  • Kemudian langsung ke percobaan, disini saya akan menggunakan dokumen yang sudah saya tulis judul-judulnya saja, kawan-kawan tinggal aplikasikan di dokumen yang baru atau di dokumen yang sudah ada.
  • Saya sudah menulis judul di lembaran kertas yang berbeda, mulai dari lembaran pengesahan, kata pengantar, daftar isi, dan seterusnya.


  • Jika pada dokumen yang sudah ditulis judulnya seperti ini, kita harus mengedit satu persatu bagian judul menjadi berformat Heading dengan memblok seluruh judul dan mengklik tombolHeading.
  • Cara cepatnya adalah dengan cara memperkecil tampilan lembar kerja seperti di atas, jadi seluruh dokumen dapat dikendalikan dalam sekali kerja tanpa harus menscroll ke bawah satu persatu.
  • Setelah seluruh tampilan kerja terlihat, blok semua judul dengan cara pendam tombol Ctrl dan blok semua judul satu persatu tanpa melepas tombol Ctrl.
  • Setelah semua judul berhasil diblok, klik Heading 1. Akan terlihat tampilan seperti di bawah ini.

  • Tapi yang perlu diperhatikan, format tulisan seperti di atas pastinya tidak sesuai untuk format penulisan ilmiah, maka perlu diedit lagi, caranya sama seperti tadi, blok semua judul, ganti format tulisan sesuai format penulisan karya tulis ilmiah, misalnya dengan Times New Roman, format letak rata tengah (justify) atau dengan menekan Ctrl + J, ganti warna tulisan dengan warna hitam (Automatic), serta ukuran huruf, biasanya menggunakan ukuran 12 atau 14 untuk judul.

  • Setelah berhasil seperti di atas, lanjut ke pembuatan daftar isi secara otomatis.
  • Pertama sekali,letakkan kursor di lembaran kerja yang ingin dijadikan daftar isi.



  • Klik menu Table of contents (yang saya beri kotak merah di atas).

  • Klik Automatic Table, dan anda akan mendapat hasil seperti di bawah.


  • Lihatlah hasilnya, anda tidak perlu menulis satu persatu judul di daftar isi. Bonusnya lagi, letak halaman dari seluruh judul secara otomatis sudah langsung tertulis di sana tanpa perlu kamu cek satu persatu. untuk selanjutnya, bisa diedit sesuai selera, misalnya dengan menghapus tulisan Contents sehingga hasil akhirnya akan seperti di bawah ini.

You Might Also Like

0 comments: