Cara membuat video dengan powerpoint

12/08/2016 02:54:00 AM Unknown 0 Comments

Cara membuat video dengan powerpoint - Pernah berpikir mau buat video?? tapi belum bisa atau belum tahu buatnya pake apa?? sebenarnya banyak aplikasi/ software untuk membuat video, tapi kadang karena belum bisa atau ga bisa atau malas harus instalasi dulu atau penyebab lainnya membuat rasa ingin membuat video hilang. jangan hawatir kamu bisa membuat video walau tanpa aplikasi yang harus instalasi dulu, cukup dengan menggunakan powerpoint. Setiap komputer atau laptop pasti sudah terinstal powerpoint karena powerpoint terinstal sepaket bawaan microsoft dengan word, acces, excel, publisher. jadi kamu bisa membuat video dengan powerpoint dimana saja diwarnet juga bisa hehe. video yang kamu buat dapat berupa video pribadi ada foto-fotonya, video tutorial, musik dll. berikut contoh-contoh video yang sudah saya buat dengan powerpoint :

                                           Video tutorial
 
                                                         video renungan

Jika Anda ingin membuat video personal profil yang keren atau membuat video lainnya seperti di atas caranya sangat mudah.
1. Pahami dulu apa saja yang ingin Anda tampilkan pada video.
Sebelum Anda membuka powerpoint, sebaiknya Anda tulis terlebih dahulu konten yang ingin Anda sajikan dalam video profil Anda. Dalam hal ini ada beberapa elemen penting yang menurut saya perlu Anda sertakan, antara lain.
  • Nama lengkap
  • Deskripsi ringkas tentang Anda
  • Pendidikan
  • Aktifitas utama yang Anda jalani
  • Karya-karya utama yang Anda buat
  • Kontak
2. Buat sketsa sederhana untuk desain video Anda.
Setelah konten siap, selanjutnya silakan buat sketsa desain Anda. Langkah-langkahnya sama persis seperti Anda membuat slide.
3. Mendesain slide dengan powerpoint

membuat slide dengan powerpoint

Setelah sketsa gambar sudah selesai Anda buat, selanjutnya silakan desain template video profil Anda.
Dalam hal ini ada beberapa hal perlu Anda optimalkan, diantaranya adalah.
  • Pemilihan jenis font
  • Pemilihan warna
  • Tampilan atau layout
  • Animasi dan transisi
4. Memasukkan audio atau musik
memasukan musik di powerpoint


Setelah desain video template sudah selesai Anda buat. Selanjutnya masukkan audio atau musik ke dalam template Anda.
Caranya:
Klik pada slide pertama, kemudian klik menu Insert, pilih Audio.
Setelah audio atau musik sudah masuk di powerpoint. Selanjutnya klik Playback. Pada pilihan start pilih Play Across Slide.

Setelah itu silakan kembali lagi pada slide pertama. Kemudian klik Animation. Kemudian klik menu Animation Pane. Audio atau musik yang awalnya berada di bawah animasi, geser dan letakkan di atas.
Sampai di sini memasukkan audio sudah selesai.
5. Mengatur durasi waktu tampilan slide show
Setelah semua langkah-langkah di atas Anda lakukan. Selanjutnya Anda tinggal mengatur durasi waktu untuk tiap slide show. Caranya klik menu Slide Show, kemudian klik Rehearses Timing.
Maka akan muncul tampilan slide show untuk memutar video Anda. Pada saat memutar video pastikan Anda mengatur waktu tiap slide. Misal, jika saat tampilan slide show pertama sudah selesai berjalan, segera pindah ke slide kedua dan setursnya sampai selesai. Setelah selesai klik And Show.
6. Mengubah slide menjadi video.
membuat video dengan powerpoint

Untuk bisa mengubah powerpoint menjadi video, powerpoint yang Anda gunakan minimal harus powerpoint 2010 atau di atasnya.
Kemudia cara mengubahnya, Anda klik pada menu File, di bagian pojok kiri. Kemudian klik pada pilihan Sava Anda Send, lalu klik pada menu Create A Video.
Maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.

Selanjutnya pada pilihan Computer & HD Display pilih ukuran Large. Pada pilihan waktu pilih Use Recorded Timing dan Narrations. Setelah itu klik pada Create Video, kemudian Save.
Silakan tunggu proses penyimpanan video. Jika sudah selesai, silakan putar video Anda.
Demikianlah tadi cara sederhana, membuat video personal profil keren dengan powerpoint.
Tapi ingat, bukan cara membuat videonya yang sulit, saya yakin kalau hanya mengubah slide menjadi video banyak dari Anda yang sudah bisa, tapi mendesain template video yang menarik waktu dan kreativitas tinggi.

Nah itu langkah demi langkah agar terciptanya sebuah video dengan powerpoint. Berkreasilah selama kreasi itu murah dan mudah ^_^ semoga bermanfaat.

You Might Also Like

0 comments: