Cara Print File Excel agar tidak Terpotong dengan Mudah

12/18/2016 08:41:00 PM Unknown 0 Comments

Cara print file Excel agar tidak terpotong dan sesuai dengan kertasnya dengan mudah ~

File excel yang biasanya berhubungan dengan perhitungan yang biasanya digunakan untuk laporan keuangan sangat mudah dibuat, tapi ketika sudah dibuat dan ingin di print selalu terpotong. Kebiasaan yang sering saya temui data banyak jadi melebar tapi ukuran kertas hanya segitu saja hehe, dari sana saya coba mencari cara agar tidak terpotong dan ternyata berhasil hehe, ini caranya...
 
Caranya sebelum print perlu disetting dulu skalanya dengan benar supaya hasilnya nanti tidak mengecewakan. Lain halnya dengan print dokumen Microsoft Word yang dengan mudah kita dapat melakukanya karena cukup dengan tekan Print lalu Enter maka hasil print akan tercetak dengan baik dan tidak akan terpotong.

Lalu bagaimana kalau cara tersebut kita praktekan untuk melakukan print file Mikrosoft Excel? tentu hasilnya nanti tidak akan sesuai dengan yang kita harapkan hasilnya mungkin akan terpotong, hasil cetak berukuran kecil dan tidak memenuhi area kertas. Untuk itu pada blog ini saya akan membuat postingan tentang cara print file di excel agar tidak terpotong dan sesuai dengan kertasnya

Memang untuk mendapatkan hasil yang bagus sesuai dengan yang diinginkan ada beberapa pengaturan yang harus kita buat, untuk lebih jelasnya perhatikan langkah dibawah ini.
1. Buka file excel yang akan di print. Setelah itu, Block Area yang akan di print.
2. Dalam keadaan diblok, pada menu atas pilih Page Layout -> Print Area -> Set Print Area. 
Nah, sampai disini biasanya file sudah bisa di print. Tapi, kalau masih terpotong lanjut ke langkah nomor 3.
3. Pada tahap ini kita akan memperkecil skala (scale). Perhatikan gambar dibawah ini (nomor 3), saya memperkecil skala sampai dengan 60% sehingga garis putus-putus terlihat mengelilingi area print. Begitu juga dengan anda, aturlah skala sampai garis putus-putus mengeliling area print.
Cara Print File Excel agar tidak terpotong dengan mudah
sumber link
4. Sekarang silahkan preview untuk melihat hasil sementara, caranya tekan tombol Office Button pada pojok kiri atas kemudian arahkan kusor ke Print lalu klik Print Preview atau lebih mudahnya tekan saja Ctrl+F2.

Hasil Print Area
7. Jika hasil preview sudah bagus dan sesuai dengan yang diinginkan, sekarang tinggal Print untuk mulai mencetak hasilnya,
Setelah mengetahui cara print file excel yang benar ternyata tidak sulit ya? hehe. Pengalaman saya nih, sewaktu saya jadi operator di salah satu jasa rental komputer. Waktu itu ada pelanggan minta print file excel. Lalu saya coba print langsung dengan melakukan Ctrl+P, apa yang terjadi? ternyata hasilnya tidak sesuai dengan yang diinginkan pelanggan, hasilnya menjadi sangat banyak dan terpotong-potong. Ketika itu saya memang belum tahu cara print excel yang benar. Lalu saya coba terus mengotak - atik pengaturan pada tab view microsoft excel tanpa ada referensi sedikitpun. Hasilnya apa? tetap saja tidak bisa sehingga pada akhirnya saya telah begitu banyak membuang kertas secara cuma-cuma karena setiap percobaan langsung di print dan menimbulkaa sebuah perasaan kesal hingga menyadari ternyata masih banyak yang belum saya tahu. Dari situ saya terus belajar dan belajar dan pada akhirnya Alhamdulillah saya sudah bisa melakukanya.
 
Sekian dari saya semoga bermanfaat ^_^.

You Might Also Like

0 comments: