Mengenal HTML 5

11/27/2016 04:51:00 AM Unknown 0 Comments

Mengenal HTML 5 - Apa itu HTML5, apa sih bedanya dengan HTML yang biasanya. mungkin tak sedikit dari kamu yang belum demikian mengerti mengenai HTML5 ini, dari mulai tag-tag baru yang ada di dalamnya ataupun keunggulan-keunggulan yang dimilikinya di banding dengan versi HTML sebelumnya. di peluang hari ini, saya bakal mencoba membahas mengenai dasar-dasar dari HTML5 ini, dari mulai tag-tag nya dan fitur-fitur baru yang di tawarkan.

HTML 5
Mengenal HTML
 
HTML5 Bukanlah suatu bahasa pemrograman, melainkan yaitu suatu bahasa markah untuk menstrukturkan dan menampilkan isi dari World Wide Web (WWW), suatu teknologi inti dari Internet. HTML5 yaitu revisi kelima dari HTML dan hingga masa ini tetap dalam pengembangan dan terus di sempurnakan.

HTML dikenal sangat membantu dalam kemudahan memposting berbagai elemen dan file baik itu berupa tulisan, foto, video dan lain-lain. HTML jauh lebih populer dibandingkan berbagai bahasa markah lainnya. Terlebih saat ini sudah hadir HTML 5 yang banyak memiliki kelebihan dan penting bagi kita untuk mengetahui apa saja fitur-fitur terbaru HTML 5. Dalam artikel ini Paseban akan mengulas tentang fitur terbaru HTML5. Namun sebelumnya, ada baiknya kita mengetahui seluk beluk  pengembangan HTML5 ini.

Seperti yang diketahui HTML merupakan singkatan dari HyperText Markup Language (bahasa markah). Fungsinya adalah untuk membuat situs website serta menampilkan beragam jenis informasi pada sebuah penjelajah web Internet. Hiperteks sederhana dalam HTML ditulis dalam berkas format ASCII yang dalam bahasa Indonesia disebut dengan Kode Standar Amerika untuk Pertukaran Informasi.

Untuk HTML5 sendiri merupakan pengembangan dari seri HTML4. Versi 5 ini pertama kali dikenal luas oleh para pembuat website pada tahun 2010 lalu, padahal pengembangannya sudah dilakukan sejak 2004. Sedangkan HTML4 dibuat pada 1997. Tentu saja apabila masih menggunakan HTML4 dimungkinkan tidak kompatibel dengan perangkat keras modern saat ini. HTML5 sengaja dirancang guna memperbaiki teknologi HTML agar mampu mendukung dengan teknologi multimedia terbaru, sehingga mudah dibaca oleh manusia serta bisa dimengerti oleh mesin perangkat.

Meskipun HTML sudah menjadi bagian terpenting dalam teknologi internet, namun banyak yang tidak mengenal pengembangnya yakni Konsorsium World Wide Web dan komunitas WHATWG yang merupakan sukarelawan yang turut mengembangkan HTML. Berikut ini adalah berbagai fitur terbaru HTML5 dan keunggulannya dibandingkan HTML4. Simak selengkapnya dibawah ini:

Guna menambah kesan modern, maka HTML5 sudah dispesifikasi dengan pengkodean API (Application programming interfaces). Dan ada beberapa fitur API terbaru HTML5, di antaranya adalah fitur manajemen history kunjungan penjelajah web, mode untuk menggambar object dua dimensi dalam Elemen Canvas, Media penyimpanan luring. Serta masih ada banyak fitur API lain dalam HTML5.

Tersedia cukup banyak syntax baru dalam HTML5, di antaranya adalah sebagai post tulisan, komentar atau artikel

Sintaks pada HTML 5 memang dirancang untuk lebih flexibel. Meski demikian bukan berarti pengguna dapat menuliskan bahasa markah secara sembarangan. Salah satu fleksibel dari HTML5 adalah dukungan pemisahan yang tegas antara tahapan presentasi maupun konten.

HTML5 juga memiliki fitur dukungan guna penyimpanan elemen lokal atau offline.

Tersedia atribut , yang dapat memerintahkan form guna melakukan proses validasi isian sesuai aturan yang telah ditentukan pada HTML5.

HTML5 telah dilengkapi dengan fitur email validation didalamnya.

SGML dipakai untuk sebuah dokumen yang standar sebagai bahasa pemrograman markah. Namun kali ini terdapat aturan baru melakukan parsing yang berorientasi pada towards dan kompatibilitas, tidak lagi bergantung pada SGML. Pada HTML sebelumnya, dokumen harus berbasis SGML.

Pada pengolahan text, HTML5 memiliki  kemampuan untuk mendukung format SVG yakni format file terbaru untuk menampilkan grafik dan juga mendukung MathML yang merupakan aplikasi XML guna mendeskripsikan notasi matematika.

Penulisan DOCTYPE saat ini menjadi lebih mudah dilakukan dalam HTML5, dan juga gampang untuk diingat serta digunakan tanpa harus mencari kode tersebut pada mesin pencarian.

Tentu saja berbagai fitur-fitur dalam HTML5 banyak Anda temui saat memposting konten pada forum-forum internet, selain pada perancangan situs website secara resmi. Banyak pihak yang memuji perkembangan HTML5, salah satunya adalah Steve Jobs yang mengungkapkan bahwa HTML5 sudah mampu memberikan tampilan video atau konten apapun di web dan itulah mengapa Adobe Flash tidak diperlukan lagi.

HTML5 yaitu versi terakhir dari Hypertext Markup Language, sebetulnya HTML yaitu satu dari 3 tipe kode yang wajib di gunakan untuk membuat atau mngembangkan struktur web yang keren, kode: HTML, yang mngembangkan struktur, Cascading Style Sheets (CSS), yang memberi sentuhan tampilan, dan JavaScript, yang membuat sesuatu terjadi. HTML5 didesain untuk membagikan hampir seluruh yang kita ingin lakukan dengan tips online tanpa memerlukan software tambahan seperti plugin browser. bagus applikasi , game, musik, responsive website dan movie bahkan kita Bisa mngembangkan software yang sangat kompleks bekerja dibrowser kita dengan HTML 5. Fitur baru seperti video playback dan kegunaaan drag-and-drop yang sebelumnya tergantung di pihak ketiga browser plug-in seperti Adobe Flash, Microsoft Silverlight, dan Google Gears.

Tujuan Absolut pengembangan HTML5 yaitu untuk membenahi teknologi HTML sebelumnya supaya mendukung teknologi multimedia terakhir, mudah dibaca oleh manusia dan juga mudah dimengerti oleh mesin.

HTML5 yaitu hasil proyek besar dari W3C (World Wide Web Consortium) dan WHATWG (Web Hypertext Application Technology Working Group). Dimana WHATWG bekerja dengan bentuk web dan software dan W3C yaitu pengembang dari XHTML 2.0 di tahun 2006, berikutnya mereka memutuskan untuk bekerja sama dan membentuk versi baru dari HTML iyalah HTML5. HTML5 baru mencuat di April 2010 seusai pimpinan Apple Inc., Steve Jobs, mengatakan bahwa dengan pengembangan HTML5, “Adobe Flash telah tak diperlukan lagi untuk menyaksikan video atau menyaksikan konten apapun di web.” berita tersebut nampaknya membawa angin segar di para pengembang untuk lekas merealisasikan HTML5 ini, pastinya tanpa Adobe Flash, para pemakai internet bakal merasa lebih enjoy untuk berinternet ria tanpa memikirkan instalasi software sebelum enikmati konten-konten yang terdapat di internet.

seusai melalui proses yang lumayan panjang, seluruh browser Absolut (Chrome, Safari, Firefox, Opera, IE) sekarang Bisa mendukung HTML5, jadi teknologi HTML terakhir Bisa dipakai dengan sebaik-baiknya. HTML5 sebetulnya telah mulai dikenal oleh masyarakat di tahun 2010 walaupun telah dikenal sejak lama oleh para pengembang web akan tetapi tetap sedikit orang yang memanfaatkan kelebihan-kelebihan fitur HTML5 tersebut. Dengan adanya pengembangan HTML5, adobe flash telah tak diperlukan lagi untuk menyaksikan video atau konten apapun di web.

Apa yang Baru di HTML 5?



-          HTML5 memperkenalkan sejumlah elemen dan atribut baru yang menolong dalam mngembangkan suatu website web modern. Berikut ini yaitu fitur yang paling penting diperkenalkan di HTML5 :

-          - New Semantic Elements: Ini seperti di elemen <header>, <footer>, and <section>.

-          - Forms 2.0: pembetulan form web HTML di mana atribut baru telah diperkenalkan tag <input>.

-          - Persistent Local Storage: Untuk menghapus ketergantungan di plugin pihak ketiga.

-          - WebSocket: suatu generasi teknologi terakhir komunikasi dua arah untuk software web.

-          - Server-Sent Events: memperkenalkan even yang mengalir dari web server ke web browser yang      disebut Server-Sent Events (SSE).

-          - Canvas: Ini mendukung gambar dua dimensi surface yang Bisa diprogram dengan JavaScript.

-          - Audio & Video: kita Bisa menanamkan/embed audio atau video di halaman web kita tanpa memakai   plugin pihak ketiga.

-          - Geolocation: Pengunjung Bisa memilih untuk membagi posisi fisik mereka dengan software web    kita.

-          - Microdata: Ini memungkinkan kita membuat kosakata kita sendiri di luar HTML5 dan memperluas    halaman web kita dengan kostum semantics.

-          - Drag and drop: Drag dan drop item dari satu posisi ke posisi lain di halaman web yang sama.

Daftar Tag-tag baru di HTML 5
Tag
Description
<article>
Mendefinisikan suatu artikel
<aside>
Mendefinisikan konten tak hanya dari konten halaman/post
<audio>
Mendefinisikan konten audio
<canvas>
dipakai untuk menggambar grafik, on the fly, melalui scripting (JavaScript biasanya)
<command>
Mendefinisikan tombol perintah untuk Bisa memanggil 
<details>
Mendefinisikan rincian tambahan bahwa pemakai Bisa melihat atau menyembunyikan
<datalist>
Menentukan daftar pilihan standar untuk kontrol input
<embed>
Mendefinisikan suatu wadah untuk software eksternal (non-HTML)
<header>
Mendefinisikan suatu dokumen atau bagian header 
<figure>
Menentukan konten Berdikari 
<footer>
Mendefinisikan suatu dokumen atau bagian footer
<hgroup>
Groups heading (<h1> to <h6>) elemen
<mark>
Mendefinisikan teks yang ditandai / disorot
<output>
Mendefinisikan hasil penghitungan
<source>
Mendefinisikan beberapa sumber media untuk elemen media (<video> dan <audio>)
<summary>
Mendefinisikan suatu visible heading untuk elemen <details>
<time>
Mendefinisikan tanggal / masa
<video>
Mendefinisikan suatu video atau film
<section>
Mendefinisikan bagian dalam dokumen

Daftar Tag yang telah tak dipakai dalam HTML5
Tag
Description
<acronym>
Mendefinisikan suatu akronim
<basefont>
Menentukan warna standar, ukuran, dan font untuk seluruh teks dalam dokumen
<big>
Mendefinisikan ukuran teks besar
<center>
Mendefinisikan posisi teks dicenter
<dir>
Mendefinisikan direktori list
<font>
Mendefinisikan font, warna, dan ukuran untuk teks
<frame>
Mendefinisikan suatu window (frame) dalam suatu frameset
<frameset>
Mendefinisikan satu set frame
<strike>
Mendefinisikan teks strikethrough
<noframes>
Mendefinisikan suatu konten pilihan untuk pemakai bahwa konten tak mendukung frame
<applet>
Mendefinisikan suatu applet embed
Contoh Website Keren Dengan HTML 5
Berikut Adalah Link Dari 10 Website Yang Menggunakan HTML 5 :

1. James Anderson 613

2. Brandongenerator

3. Unfinished Business

4. Roger Dubuis

5. Bjork

Bagaimana sudah paham??? selamat berjumpa lagi di artikel selanjutnyaa ^_^ semoga bermanfaat :)

You Might Also Like

0 comments: